Wisata Baturraden. Merasakan dinginnya kota Banyumas, Jawa Tengah, melihat air terjun, memandang aliran air di antara banyak batu besar hasil ukiran sang pencipta, hanya di Baturraden, Indonesia, bukan yang lain.

Lokasi bisa di capai sekitar 30 sampai 45 menit dari kota Purwokerto. Dari stasiun kereta api Purwokerto, bisa sewa mobil. Cocok untuk habiskan waktu dan dapatkan kebersamaan yang berkualitas dengan keluarga tanpa biaya yang mahal, di kaki gunung Slamet.

Ada banyak penjual sate kelinci di sini, lengkap dengan lembaran tikar, tinggal duduk, pesan dan makan. Menu lainnya yaitu: pisang goreng, bakwan, tempe mendoan, mie cepat saji dalam kemasan mangkok plastik,dan jagung bakar. Silahkan berlama-lama di sini, bisa tiduran santai. Cuma hujan yang bisa mengusir kenikmatan berada di sini.

Dari tempat parkir, dari kejauhan, tampak sebuah pesawat terbang komersil diam tak bergerak. Ya, itulah Theater Alam Baturraden. Hanya dengan Rp. 10.000,- saja, bisa nonton layar tancap di dalam pesawat komersil menyaksikan kisah Legenda Baturraden, lokawisata baturaden, Tsunami Aceh, Taman Mini, Merapi Meletus, Pulau Bali, Pulau Nusakambangan, Borobudur, Owabong, dll. Hanya pilih salah satu ya, berdasarkan keputusan bersama para penumpang pesawat. Jika ingin mengetahui asal-usul (cerita rakyat turun temurun) tentang Baturraden, silahkan pilih Legenda Baturraden. Mau lihat isi kepala pesawat juga boleh (bagian depan pesawat), sekalian berandai-andai menjadi seorang pilot pesawat  komersil tanpa membahayakan keselamatan orang lain.

 

 

Jika merasa pegal-pegal di kaki, ingin merasakan di pijat oleh gigitan ikan-ikan kecil, ada kolam ikan bening yang berisi banyak ikan kecil. Rasanya tidak sakit, hanya geli saja.

Sambil santai, bisa menikmati hiburan, live show kuda lumping dan permainan musik tradisional khas Purwokerto. Jangan lupa ikut saweran ya.

Toilet umum untuk buang air kecil dan buang air besar sudah tersedia. Tempat sampah juga ada banyak, jadi.. jangan buang sampah sembarangan ya. Jangan buang plastik kosong bekas bungkus makanan atau botol bekas minuman sembarangan ya. Buang sampah sembarangan hanya bikin malu saja. Buang sampah sembarangan menunjukkan orang yang tidak cerdas. Jangan tinggalkan coretan tangan hasil spidol, pulpen atau cat semprot ya.

Untuk pengunjung yang membawa anak-anak kecil, harap selalu awasi dan jaga anak-anaknya ya. Dampingi mereka bermain. Perhatikan mereka bermain. Lebih nikmat bersama dengan mereka daripada bersama dengan komputer atau ponsel.

Selamat berlibur.