wisata gunung bromo
Menyaksikan matahari terbit di dekat Gunung Bromo adalah pengalaman istimewa yang tak terlupakan. Menanti sejak matahari masih terbungkus malam, ditemani kabut yang teramat dingin, hingga langit menampilkan warna emas ke langit di atas bumi Jawa Timur yang elok.

Di jemput dari Singhasari Resort di tengah malam menggunakan 2 Jeep Tour 4WD. Masih ngantuk, menembus dingin dan gelapnya malam. Walaupun Jeep yang digunakan bukan mobil baru, namun bisa di andalkan untuk melintasi jalan menanjak, tetap aman di jalan yang meliuk dan menurun. Setelah lebih dari 2 jam perjalanan akhirnya tiba di lokasi perhentian pertama. Masih gelap gulita, hanya mengandalkan lampu ponsel. Masih sangat dingin, pakai jaket tebal.  Ternyata, pemburu keindahan matahari terbit di Gunung Bromo bukan hanya rombongan keluarga kami saja. Tak berapa lama, datang banyak rombongan lain, menggunakan mobil jeep juga. Setelah dapatkan tempat parkir mobil, kami turun dan pergi ke warung kecil. Makan pisang goreng manis yang baru keluar dari penggorengan, tidak terasa panas. Minum kopi panas namun tetap tidak terasa panas, kopi lekas menjadi dingin. Untuk yang tidak kuat dengan udara dingin bisa beli sarung tangan tebal, kaos kaki tebal dan jaket di lokasi perhentian ini.
wisata gunung bromo
Lanjut, Penanjakan 1, masih gelap gulita. Jalan tanah menanjak, hanya tanah dan batuan dengan rumput hijau yang masih basah oleh embun, berpegangan menuju punggung bukit. Untuk yang tidak kuat dengan jalan mendaki, bisa gunakan jalan yang lebih landai, walaupun memutar, lebih jauh. Bisa meminta bantuan pemandu wisata. Akhirnya tiba di punggung bukit, tidak terlalu luas, namun bisa menampung cukup banyak orang menunggu kehadiran matahari pagi. Sempatkan berdoa pagi di lokasi ini, bersyukur atas keindahan alam Indonesia, bersyukur masih sehat dan bisa menikmati udara segar, bisa berjalan di atas kaki sendiri, bisa memegang tangan orang-orang tercinta. Akhirnya sang idola perlahan tampil. Banyak yang bersorak menyaksikan kegelapan malam yang perlahan hilang. Akhirnya bisa melihat dengan jelas wajah orang-orang di dekat kita. Akhirnya bisa melihat dengan sangat jelas keindahan alam, keindahan gunung Bromo. Menyaksikan selimut awan dan kabut putih mendampingi gunung Bromo. Orang-orang mulai mencari tempat dengan latar belakang Gunung Bromo yang indah untuk foto, termasuk saya dan keluarga.
wisata gunung bromo
Langit sudah di dominasi warna biru. Perjalanan di lanjutkan,. Akhirnya perhentian ke 2 di Bukit Cinta, menyaksikan hamparan padang pasir yang luas. Walaupun hanya pasir, namun tidak panas. Di sini bisa menyaksikan kabut bergeser. Bisa menyaksikan hembusan nafas dari mulut dan hidung seperti uap putih. Bisa puas foto dengan latar belakang gunung. Bukan lukisan, bukan foto, inilah karya Sang Pencipta.
wisata gunung bromo
Tidak puas hanyak menyaksikan hamparan pasir yang sangat luas, perjalanan di lanjutkan. Berhenti dan menginjak langsung padang pasir tersebut. Bukan hanya melihat padang pasir, kami sempat berada di Bukit Teletubbies, hamparan rumput hijau dan coklat, sangat jauh lebih indah dari bukit di film teletubbies. Sangat tenang. Sangat senang. Mata bisa lepas memandang jauh. Udara sangat segar. Bisa naik kuda wisata. Untuk yang kebelet buang air kecil, di sini ada beberapa toilet untuk di manfaatkan. Untuk yang lapar, bisa buka bekalnya masing-masing dan makan bersama dengan keluarga. Jika tidak bawa makanan, bisa membeli di warung-warung di sini.  
wisata gunung bromo
Matahari sudah bersinar sangat terang, saatnya berburu makan siang di kota Malang, saatnya kembali ke hotel. Walaupun sudah tengah hari, tetap tidak panas, masih terasa dingin.
wisata gunung bromo
Selama melakukan kunjungan wisata, di manapun berada, jangan buang sampah sembarangan, jangan buang bungkus kosong bekas air mineral sembarangan, jangan buang kertas atau plastik pembungkus makanan sembarangan. Hanya buang sampah di tempatnya, di tong sampah. Jika belum menemukan tempat sampah, tampung dalam kantong plastik besar ya.

Sekedar info, Gunung Bromo berada di 4 wilayah kabupaten di Jawa Timur yaitu: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Masih gunung yang aktif dan berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Terima kasih atas kunjungannya. Inilah Indonesia, negeri indah milik seluruh rakyat Indonesia. Jangan pelit untuk berbagi info wisata Indonesia dari sitokcer.id, agar lebih banyak orang-orang dari dalam dan luar negeri bisa menyaksikan keindahan alam Indonesia. Visit Indonesia, Explore Indonesia, Enjoy Indonesia, Wonderful Indonesia.

0
0
0
s2smodern

Add comment


Security code
Refresh