Penting untuk di lakukan oleh karyawan saat memutuskan untuk mengajukan resign alias surat pengunduran diri dari perusahaan tempat bekerja sekarang. Simak selengkapnya di info karir dari sitokcer.id

Ajukan surat resign 1 bulan sebelum hari H (baca: hari akhir bekerja di perusahaan tersebut), dengan tujuan:

  • Perusahaan ( dalam hal ini bagian HRD)  bisa mencari dan mendapatkan  sosok pengganti anda.
  • Anda bisa melakukan serah terima pekerjaan/tugas pada sosok pengganti dan atasan langsung.  Sampaikan kepada penerus/pengganti anda, daftar tugas yang biasa dikerjakan, sedang dikerjakan alias belum selesai dikerjakan.
  • Anda bisa melakukan serah terima fasilitas yang  selama ini anda pegang. Jika selama ini anda menerima fasilitas berupa rumah/apartemen, kembalikan kunci rumah kepada perusahaan, jangan bawa apapun yang bukan milik anda, jangan tinggalkan hutang/tagihan listrik, tagihan air, tagihan kebersihan atau tagihan keamanan lingkungan. Jika menerima fasilitas mobil/motor, kembalikan kunci dan surat-surat kelengkapannya. Jika menerima fasilitas berupa laptop / ponsel / flashdish, maka kembalikan kepada pihak yang bertanggung jawab, yang di tunjuk oleh perusahaan, entah itu bagian umum atau bagian HRD, lebih baik disertakan surat serah terima dengan tanda-tangan anda dan pihak perusahaan.
  • Anda bisa melakukan pamitan dengan rekan-rekan sekerja, datang baik-baik, keluar juga baik-baik, begitu lho. Meninggalkan kesan yang baik dengan orang-orang yang selama ini mendampingi anda menyelesaikan tugas sepanjang pagi hingga sore hari.

Jika masih ada cukup banyak waktu senggang, lakukan pamitan dengan rekan sejawat dan pimpinan di divisi/bagian/departemen lain, mungkin di lain waktu atau di lain tempat, akan bertemu lagi sebagai rekan kerja atau rekan usaha.

Salam semangat, tetap sehat dan sukses, dimanapun anda berada.