cara cegah stress
Sering susah tidur ? Tetap lelah dan tidak fit walaupun baru bangun tidur ? Sering sakit kepala ? Gampang marah ? Cepat tersinggung ? Susah konsentrasi ? Hati-hati, beberapa pertanyaan tadi adalah gejala stress yang mungkin sedang anda alami. Sebelum berakibat fatal untuk diri anda sendiri, untuk keluarga anda dan pekerjaan, simak cara cegah stress di info karir dari sitokcer.id

Jangan putus asa, jangan hilang harapan, kenali penyebab stress yang sedang di rasakan, di mulai dengan koreksi diri sendiri, tujuannya untuk mengetahui apakah penyebab stress adalah diri sendiri atau bukan. Sering merasa takut / kuatir, berpikir negatif atau kurang percaya diri akan kemampuan diri dalam menghadapi suatu keadaan, padahal belum terjadi atau tidak terjadi atau kecil pengaruhnya terhadap diri sendiri. Kuatir dengan hasil pilkada, kuatir dengan lingkungan kerja baru, dll. Selanjutnya, faktor selain diri sendiri seperti: macet parah di jalanan saat berangkat kerja dan pulang kerja, hubungan dengan rekan kerja, hubungan dengan anak buah, hubungan dengan atasan, hubungan dengan pacar, hubungan dengan pasangan hidup (suami / istri), hubungan dengan keluarga (anak-anak, orang tua), tekanan di tempat bekerja (kejar target penjualan atau target produksi), kuatir putus hubungan kerja karena pengurangan karyawan atau hal lainnya, limpahan pekerjaan dari atasan karena karyawan lain resign, dll.
       
Beberapa tindakan / kegiatan yang di sarankan yaitu:

  • Selalu awali dan akhiri hari di rumah dengan doa (baca: saat bangun tidur dan saat jelang tidur). Begitu pula saat berada di kantor, selalu awali dan akhiri aktifitas kerja dengan doa. Buang iri hati, dendam, amarah, fitnah, kesombongan dan gengsi. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam doa untuk banyak hal dalam hidup.
  • Manfaatkan jam istirahat atau jam makan siang. Break ... me time, walaupun singkat, walaupun hanya 1 jam, coba makan siang di luar kantor (yang dekat saja, restoran terdekat atau mal terdekat), pandangi ikan-ikan di akuarium atau ngobrol dengan rekan kerja di parkiran motor/mobil tentang hobi, dll.
  • Manfaatkan pagi hari di rumah, sekitar jam 4 - 5 pagi, masih rada gelap dan sepi, masih agak dingin, lakukan jalan kaki di depan rumah (keliling perumahan) atau gerakan tai chi.
  • Saat pulang ke rumah, dalam perjalanan,  sempatkan minum jus alpukat, jus mangga, jus sirsak atau es kelapa muda di kedai minuman yang di lewati.

Manfaatkan hari libur kerja seperti sabtu, minggu dan hari libur nasional untuk benar-benar tidak bekerja alias bukan rutinitas. Mungkin ada diantara rekan-rekan yang pakai hari libur untuk mencari tambahan penghasilan alias pekerjaan sampingan atau mungkin lembur di kantor, hentikan dulu, walaupun hanya 1 - 2 hari, coba manjakan diri sendiri dengan cara inap di hotel bintang 4 - 5 dan manfaatkan semua fasilitas yang di sediakan (gym, swimming pool, billiard, dll), kunjungi tempat wisata yang dekat dengan rumah (kebun binatang ragunan, taman impian jaya ancol, taman mini indonesia indah, dll), wisata kuliner (kunjungi restoran atau kafe  untuk berburu kopi, makanan, dll), kunjungi teman komunitas/hobi, kunjungi keluarga, main mobile legends, main clash royale, dll.

Jika hari libur sabtu dan minggu masih terasa kurang, manfaatkan sisa cuti. Ambil cuti 1 hingga 2 hari di hari kamis dan/atau jumat, agar dekat dengan sabtu minggu (pilih hari sesuai hari libur kerja masing-masing ya). Hari libur nya jadi 3 - 4 hari deh, uenak tenan. Wisata ke luar kota, ke Bandung, Malang, Bali, Yogyakarta, dll. Bukan promosi, silahkan coba inap di Padma Hotel Bandung, Aston Hotel Bali, Singasari Resort Malang atau Wisata Jeep Offroad Merapi di Yogyakarta. Puaskan pandangan mata, bebaskan memandang alam, hirup udara segar tanpa polusi, puaskan kaki melangkah, tenangkan pikiran.

Semoga saran yang di sampaikan bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Jangan sampai karir dan sukses anda dihentikan oleh stress. Jangan lupa untuk bahagia dan menikmati hidup anda. Happy weekend anda have a quality family time.