tips sukses menjadi karyawan

Work Hard

“Pergi Pagi Pulang Petang Pinggang Pegal Pala Pusing Pantat Panas Penghasilan Pas-pasan” seringkali menjadi guyonan sekaligus cambukan untuk para pekerja kantoran. Jangan sedih, ingatlah bahwa jerih payah yang dilakukan, hasil nyatanya adalah bisa terus membiayai hidup diri sendiri dan keluarga, bisa cukup makan dan minum, bisa memiliki tempat untuk berteduh dan istirahat, bisa terus membiayai anak-anak sekolah. Walaupun seringkali merasakan “kekurangan” untuk memenuhi kebutuhan hidup, jangan menyerah dan putus asa. Selalu ada harapan untuk mendapatkan hari esok yang lebih baik, selama hayat masih di kandung badan.

Berangkat lebih awal, tiba di tempat bekerja lebih awal atau tepat waktu. Jauh lebih baik daripada datang terlambat. Kerajinan berbuahkan uang kerajinan atau penilaian plus kehadiran karyawan. Jika datang terlambat, selain mencuri waktu kerja, juga mencuri semangat karyawan lain yang datang tepat waktu.

Awali aktifitas kerja dengan melihat jadwal pekerjaan hari ini, sekaligus pekerjaan kemarin yang tertunda atau belum selesai. Kerjakan dan selesaikan tugas sesuai dengan urutan skala Prioritas. Penting untuk di singkirkan sementara waktu atau setidaknya di jam kerja, yaitu Ponsel. Kehadiran sosial media yang bisa di akses langsung dari ponsel, bisa sangat menggoda, menyita perhatian bahkan mengambil sebagian jam kerja, bisa mengurangi atau membuyarkan fokus.

Work Smart

Manfaatkan fasilitas dan teknologi yang disediakan kantor. Tujuan utamanya, mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan tugas hingga tuntas dan akurat.
Jangan bawa masalah di rumah ke kantor, begitu pula sebaliknya. Jangan umbar konflik atau masalah di kantor ke sosial media.
Sebelum pulang, rapihkan ruang kerja atau meja kerja, buat daftar pekerjaan yang belum selesai. Lebih sedikit pekerjaan yang tertunda, lebih ringan untuk memulai hari esok.
Di awal bulan, sisihkan sebagian penghasilan bulanan atau gaji bulanan untuk di tabung atau investasi, berguna untuk memenuhi kebutuhan dadakan, modal usaha, tabungan hari tua atau rekreasi.
Jangan lupa untuk terus belajar dan mengembangkan diri, melalui buku-buku, seminar, training atau kursus.

Work Together

Jangan jadikan teman atau rekan kerja sebagai saingan / kompetitor. Jauhi gosip, fitnah, iri dan dengki. Lebih baik mencari dan menemukan solusi daripada mencari "siapa" yang salah. Lebih baik saling mendukung antar karyawan dan antar divisi/departemen, untuk memperbaiki dan mempercepat proses kerja, untuk mencapai target perusahaan. Tak kenal maka tak sayang, tidak ada ruginya ikut serta dalam kegiatan yang di adakan perusahaan seperti: gerak jalan bersama, outing karyawan, makan bersama, donor darah, dll.

Jangan lupa untuk selalu awali dan akhiri aktifitas harian di kantor dengan doa, agar mendapat berkat dan restu dari Sang Pencipta. Terimakasih atas kunjungannya, semoga tips yang di sampaikan bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

0
0
0
s2smodern

Add comment


Security code
Refresh